loading categories..
PeopleHOPE Lifestyle Community

Batuk Berdahak Tidak Sembuh-Sembuh Bagaimana Cara Mengobatinya?

1
2 Posts
4 Points

Sudah lebih dari sebulan yang lalu saya terkena batuk yang disertai dengan dahak, yang kadang berwarna kuning, kadang putih, dan kadang bening. Sudah minum obat generik yang mengandung ekspektoran, namun belum sembuh total hingga saat ini. Meskipun frekuensi batuknya sudah agak berkurang, tapi masih cukup mengganggu aktifitas saya.

Bahkan kemarin karena masih terasa ada 'nyangkut' di dalam, saya sedikit paksakan untuk batuk, dan yang keluar berwarna bening dengan sedikit bercak darahnya. Saat ini, tenggorokan saya terasa panas dan sakit buat menelan.

Kalau lagi batuk dada sebelah kiri atas kadang terasa nyeri, kadang rasa itu hilang, seperti rasanya orang yang masuk angin. Kadang juga serasa sampai punggung saya juga sering bersendawa jika rasa nyeri itu muncul.

Sekarang jika masih terasa ada dahak di dalam, kadang saya takut untuk batuk, karena khawatir keluar darahnya lagi. Bagaimana cara penyembuhan penyakit saya ini?

Mohon solusinya dari teman-teman.

Last edited 19 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
1 Posts
1 Points

Batuk berdahak tidak hanya bisa diobati dengan menggunakan obat-obatan kimia, namun juga bisa diobati dengan menggunakan ramuan bahan-bahan tradisional. Jangan meremehkan batuk berdahak, penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah, yang bisa memicu penyakit lain, seperti radang tenggorokan.

enter image description here

Selain melakukan pengobatan secara intensif, seorang penderita batuk berdahak yang belum sembuh dalam kurun waktu yang cukup lama juga harus memperhatikan beberapa hal yang penting supaya pengobatan yang dilakukan lebih optimal.

Pertama, jauhilah tempat-tempat yang berdebu atau tempat yang dingin, karena bisa menjadi penyebab batuk berkepanjangan. Kedua, usahakan untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, yaitu dengan menggunakan selimut atau jaket, dan jika memungkinkan, untuk sementara mandi dengan menggunakan air hangat. Ketiga, hentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah batuk tersebut, seperti merokok atau minum alkohol. Keempat, miliki waktu untuk beristirahat yang cukup dan teratur. Jangan bekerja terlalu berlebihan agar proses pemulihan dapat berlangsung optimal dengan daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Kelima, banyak-banyaklah minum air putih, kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya. Sebenarnya air putih bisa menjadi salah satu obat alami yang dapat membantu mengencerkan dahak.

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, maka pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional saja diyakini mampu menyembuhkan penyakit batuk berdahak yang anda alami. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa kita digunakan:

  1. Jahe. Sejak jaman dahulu jahe dikenal mengandung zat anti-bakteri yang baik. Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga efektif dalam mengobati batuk berdahak. Minumlah sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara membuatnya adalah dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.

  2. Jeruk nipis. Sudah banyak orang yang mempercayai khasiat dari jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap untuk mengobati batuk berdahak. Selain dengan kecap, sebenarnya jeruk nipis isi juga dapat dicampur dengan Madu. Minumlah air perasan jeruk nipis dengan kecap atau madu 2-3 kali dalam sehari.

  3. Daun Sirih. Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat batuk, daun sirih (secukupnya) direbus dan campur potongan jahe. Kemudian air rebusannya diminum minimal 1 kali dalam sehari. Ramuan ini dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan membuat tubuh lebih fit.

Semoga saran saya bisa manjur untuk mengobati sakit batuk anda..

Last edited 2 weeks ago


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..

Or

Ada pertanyaan?? Silahkan hubungi Team Support PeopleHOPE menggunakan Yahoo Messanger di bawah ini.
loading