loading categories..
PeopleHOPE Lifestyle Community

Ingin membuka usaha sendiri, tapi tidak punya modal yang cukup besar... so what??

2
5 Posts
21 Points
agus arifin posted this in Peluang Usaha

Mungkinkah memulai usaha / bisnis dari nol dengan "modal dengkul"??


Memang sudah banyak yang membuktikan, bahwa untuk menjadi pengusaha kita bisa memulainya dengan "modal dengkul", sehingga ada istilah yang menyebutnya dengan "from zero to hero". Ada banyak sosok pengusaha yang sukses sekarang ini tanpa memiliki modal yang besar pada awalnya. Sebut saja Bob Sadino, Chairul Tanjung, Reza Nurhilman (Maicih), dsb.

Dalam setiap pembicaraan seputar tema atau topik "memulai bisnis atau usaha sendiri", modal menjadi salah satu hal yang paling sering dibicarakan dan kerap kali menjadi faktor kendala bagi seseorang untuk mulai merintis dan mewujudkan peluang usaha yang diimpikannya. Mereka terlanjur menjadi pesimis dengan kondisi mereka yang seolah-olah tak berdaya tanpa adanya modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha baru.

enter image description here

Mendapatkan modal usaha adalah sesuatu yang boleh dibilang gampang-gampang susah. Namun istilah modal itu sendiri perlu diperjelas. Yang disebut dengan modal itu tidak melulu soal "uang cash" atau aset dalam bentuk materi saja. Memang apa yang disebut aset-aset seperti rumah, mobil, tanah, dengan mudah dapat dimasukkan dalam pengertian modal, namun jangan menutup kemungkinan untuk hal-hal seperti jaringan dan pertemanan yang juga menjadi modal dan aset yang tidak kalah penting dan berharga dibanding modal materi itu sendiri.

Modal usaha sebenarnya bisa didapatkan dengan berbagai cara dan dari berbagai macam sumber. Hal yang paling utama yang seharusnya menjadi pusat perhatian dalam merintis dan mengembangkan usaha sendiri adalah tekad, kemauan, ide, ketekunan, dan take action. Banyak orang yang takut untuk memulai usaha sendiri karena terbayang-bayang akan ketakutan jika usaha yang dibangunnya itu gagal ditengah jalan. Akibatnya hanya sedikit saja orang yang berani memulai usaha sendiri dengan modal yang terbatas.

Hal yang paling krusial dalam memulai sebuah bisnis adalah langkah pertama. Jika kita berani mengambil langkah pertama, maka kita berani pula untuk berjuang agar bisnis yang kita mulai dapat terus bertahan dan berkembang. Banyak orang yang takut gagal dalam memulai bisnis, padahal dalam setiap tindakan selalu ada resikonya. Resikonya justru akan lebih besar jika kita tidak melakukan apa-apa. Ada pula orang yang menunggu rencana bisnisnya matang, melakukan banyak penelitian dan riset untuk memastikan agar resiko bisnisnya gagal menjadi lebih kecil, dsb.. akibatnya justru mereka akan lebih takut dan tidak segera memulai bisnisnya bahkan hingga bertahun-tahun lamanya.

Untuk memulai sebuah bisnis kita cukup menganalisa dan memperhitungkan gambaran besarnya saja. Rencana bisnis memang perlu, namun tidak perlu terlalu mendetail di awalnya. Buatlah rencana bisnis yang lebih matang setelah anda mulai menjalankan bisnis tersebut. Secara bertahap anda akan menemukan kesulitan dan kendala yang "real", bukan kendala yang masih dibayangkan/dipikirkan. Barulah pada saat itu anda mengerahkan segenap kemampuan dan pikiran untuk mengatasi kendala yang terjadi.

Ini adalah salah satu strategi dasar dalam merintis usaha sendiri dengan modal yang terbatas, yaitu bootstrapping business strategy.....

Last edited 3 weeks ago


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
1
9 Posts
33 Points
andre cool posted this in Peluang Usaha

Kalo saya boleh menambahkan.. buat para pemula yang ingin mencoba untuk berbisnis maka cobalah untuk membuka usaha yang tidak membutuhkan modal awal yang besar. Karena jika anda masih belum punya pengalaman membangun bisnis akan terlalu beresiko dalam memulai sebuah usaha dengan modal yang besar. Banyak bisnis yang sukses dibangun dengan sederhana pada awalnya. Tujuannya adalah untuk bisa memahami bagaimana konsep dan praktik bisnis secara keseluruhan.

Pada awal-awal bisnis didirikan biasanya akan ditemui banyak kendala dan ketidaktepatan dengan rencana bisnis yang sudah kita rancangkan. Tidak ada formulasi yang tepat untuk sebuah bisnis yang sukses, karena itu tergantung kepada masing-masing pribadi. Karenanya alangkah lebih bijak jika kita masih awal dan belum berpengalaman, untuk memulai bisnis dari kecil dan terus dikembangkan dengan konsep yang lebih matang dan sempurna...

Pada saatnya kita sudah menemukan konsep bisnis dan berhasil mendapatkan keuntungan yang stabil, maka kita bisa mulai menjalankan bisnis kita dengan suntikan dana... ini akan lebih tidak beresiko.

Last edited 3 weeks ago


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1
3 Posts
11 Points
Shiane posted this in Peluang Usaha

Dalam dunia bisnis dikenal dengan adanya inovator, eksekutor, dan investor. Ketiga elemen ini penting untuk berkolaborasi dan membangun sebuah iklim entrepreneurship yang sehat dalam sebuah negara. Jika dibandingkan dengan negara-negara maju, Indonesia masih dalam tahap awal menemukan dan menumbuhkan infrastruktur dan koneksi yang tepat untuk ketiga elemen bisnis ini.

Memang ada yang diberikan kemampuan untuk menghasilkan ide-ide brilian yang sangat berpotensi menjadi sebuah bisnis yang bagus, namun tanpa dukungan dana, bisnis tersebut kurang maksimal dalam mencapai potensinya. Ada orang-orang yang diberikan karunia untuk memiliki sumber daya keuangan dalam jumlah yang besar, namun tidak memiliki ide bagaimana melipatgandakan resource tersebut. Jika kedua pihak ini bisa ditemukan, sebenarnya iklim yang kondusif dalam bisnis akan tercapai.

Melihat perkembangan Google, Facebook, Twitter, dan Pinterest kita bisa menyadari mengapa mereka bisa berkembang begitu cepatnya hanya dalam waktu beberapa tahun saja. Hal ini disebabkan karena jalur koneksi antara inovator dan investor sudah sangat lebar dan luas terbuka. Setiap ide yang bagus mudah untuk mendapatkan jalur pendanaan awal untuk mengembangkan bisnis startup ke level berikutnya. Hal inilah yang sedang dalam tahap awal mulai ada di Indonesia. Dan semoga kedepannya makin banyak wadah-wadah inkubator bisnis yang bisa menampung ide dan investasi sehingga keduanya bisa menggerakkan perekonomian bangsa dengan lebih cepat.

Last edited 4 days ago


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..

Or

Ada pertanyaan?? Silahkan hubungi Team Support PeopleHOPE menggunakan Yahoo Messanger di bawah ini.
loading