loading categories..
PeopleHOPE Lifestyle Community

Putus Sekolah, apa yang bisa dilakukan ??

0
2 Posts
4 Points

Suatu ketika saya sedang menonton sebuah stasiun televisi swasta TV One. Waktu itu tanggal 11 April 2013 pukul 22.10 WIB. Saya menjadi terperanjat haru dan sedih ketika mendengar pemberitaan ada seorang gadis yang bernama Asrina bunuh diri gara-gara tidak bisa melanjutkan ke SLTP. Padahal anak ini memiliki cita-cita yang tinggi untuk menjadi seorang dokter..

enter image description here

Menurut pakar kejiwaan, ketika impian seseorang begitu tinggi, lalu semangat yang begitu membara untuk mencapai sesuatu tujuan, biasanya seluruh jiwa akan tersedot atau 'down' apabila ada faktor yang menghambat cita-cita tersebut. Suatu kenyataan yang menjadi fenomena di masyarakat yang kurang mampu, biasanya tersirat adanya harapan untuk meraih cita-cita setinggi mungkin demi mendapatkan perubahan nasib keluarganya.

Tidak banyak diantara mereka yang menyadari bahwa putus sekolah bukan merupakan akhir kehancuran sebuah kehidupan. Justru putus sekolah merupakan awal dari seseorang untuk mencari peluang yang lebih baik dibandingkan mereka yang dengan mudahnya sekolah dengan biaya orang tua mereka.

Ini adalah tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa yang peduli terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitar kita. Banyak Asrina-Asrina yang memiliki cita-cita yang begitu mulia dan tinggi, namun tidak berdaya karena faktor ekonomi.

Lalu siapa yang akan peduli?? Negara?? Keluarga?? Masyarakat?? atau ... SAYA dan ANDA??

Manakala negara harus bertanggung jawab terhadap seluruh rakyat indonesia yang jumlahnya mencapai puluhan juta anak remaja yang putus sekolah, maka kita akan kecewa. Mengapa?? Sebab ada seabrek tugas negara yang masih tertunda dan perlu prioritas yang segera dipenuhi, sedangkan masalah sosial dengan pasal putus sekolah, muncul bertubi-tubi.

Siapa lagi yang akan mempedulikan kondisi sosial yang didepan mata kita, kalau bukan dimulai dari saya, anda, dan kita semua??

Saya yakin, kita bisa membentuk komunitas untuk peduli anak putus sekolah dan kita semua yang akan mengawasi pengeluaran maupun memberikan informasi siapa yang akan menjadi panitia. Bagi anda yang berminat untuk menjadi anggota panitia PEDULI ANAK PUTUS SEKOLAH (PATAS), anda bisa mendaftar melalui rubrik ini dan sekaligus memberikan tanggapan bagaimana sebaiknya mengatasi pemuda-pemudi yang putus sekolah agar memiliki masa depan cerah. Wassalam.

Last edited 4 weeks ago


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
1 Posts
1 Points

Masalah putus sekolah adalah merupakan masalah individu, karena hanya individulah yang bisa memberikan bantuan dengan segera. Pemerintah dalam hal ini tentu memiliki skala prioritas yang dilakukan oleh departemen sosial. Tugas utama dalam mengentaskan adanya anak-anak yang putus sekolah adalah tugas kita bersama sebagai insan sosial.

Saya setuju dengan usulan bestfriend yang menulis di halaman atas, bahwa harus dibentuk komunitas PATAS (Peduli Anak Putus Sekolah). Mungkin hari ini anak tetangga kita yang mengalami nasib putus sekolah, siapa tahu suatu saat ketika saudara kita memiliki anak yang putus sekolah.

Siapapun tidak bisa menduga mengenai nasib seseorang, karena ibarat roda yang berputar, tidak selamanya berada di atas. Pada saat roda di bawah, siapa yang peduli itulah malaikat penolong baginya.

Last edited 19 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..

Or

Ada pertanyaan?? Silahkan hubungi Team Support PeopleHOPE menggunakan Yahoo Messanger di bawah ini.
loading